Helmet untuk apa ya...?

Jika anda pengendara sepeda motor, mana jawaban yang akan anda pilih atas pertanyaan seperti ini :
“untuk apa anda memakai helm?”

a.
 Untuk melindungi kepala saya dari kemungkinan terjadi benturan akibat kecelakaan lalu lintas
b. Untuk melindungi kepala saya dari kemungkinan terjadi penilangan akibat bertemu dengan polisi lalulintas
c. Untuk melindungi kepala saya dari kemungkinan terjadi benturan akibat kecelakaan lalulintas atau terkena benda asing dan juga yang pasti supaya ngga di tilang polisi
Yaa, motivasi setiap pengendara sepeda motor menggunakan helm tentu berbeda-beda, tergantung sejauh mana ia memahami fungsi dan nilai penting dari sebuah helm. Saya sendiri pakai helm hanya pada saat saya mau kerja, atau kalau saya akan pergi sedikit jauh dari tempat saya tinggal (*maksudnya karena jauh, saya nggak hapal disitu nanti ada polisi atau tidak? :D
Jadi kalau hanya muter-muter cari nasi uduk di sabtu pagi seperti hari ini, yaa saya nggak pakai helm :)
Perhatian! Ini contoh tidak bagus. Jangan ditiru yaa :)
Tapi teman-teman,
Tiga hari yang lalu saya terima telpon dari member saya yang kebetulan habis pulang kerja shift malam. Singkatnya kira-kira begini:
“Pak saya sekarang ada di rumah sakit. Tadi sewaktu pulang dari kerja shift malam, saya kecelakaan.”Kecelakaan apa?! Dimana?!
“Ceritanya tadi kan saya bawa motor. Nah waktu sudah masuk jalan kampung, helm saya lepas. Saya pikir sudah amanlah, motor juga ngga sampai 20 km/jam.Terus … ?
“Nah … tiba-tiba saya kejatuhan pelepah kelapa, langsung kena muka saya. Saya luka di bagian mulut, hidung, dan termasuk mata . Jadi sekarang saya dirawat di rumah sakit, terutama memastikan kondisi mata saya.”
Bos saya yang orang Jepang sama sekali ngga bisa ngerti waktu saya laporkan perihal ini.
“Why he puts off his helmet?”Because he thinks he is already in a village.
“Is it Ok, to put off the helmet in a village?”
*waduh susah deh ngejelasinnya,
*dalam hati : “dia pikir udah masuk jalan kampung bos … kampung!” … ups?! Di Jepang ngga ada kampung apa yaa ?
So bagaimana dengan anda, para pengendara sepeda motor tercinta, “untuk apa anda pakai helm ?” :)

Tidak ada komentar: